Daerah yang Termasuk Kawasan Bandung Utara

Ditegaskan mana saja daerah yang termasuk Kawasan Bandung Utara pada 22 November 2011.
Foto: Budi Hermawan / Bandungutara.com

Bandungutara.com – Batas wilayah di Kawasan Bandung Utara ditetapkan berdasarkan Permendagri No.1 Tahun 2006 tentang Batas Daerah. Kawasan Bandung Utara termasuk dalam daerah administratif bagian utara Kota Bandung dan Cimahi, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Meliputi 21 kecamatan, 89 kelurahan, dan 16 desa di 4 daerah tersebut.

Namun baru ditegaskan mana saja daerah yang termasuk Kawasan Bandung Utara pada 22 November 2011. Waktu itu di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda, perwakilan kepala daerah dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung bersama dengan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) telah menandatangani berita acara yang bertujuan untuk penegasan batas daerah berdasarkan ketentuan hukum.

Informasi dari Pikiran Rakyat menerangkan batas wilayah ketiga daerah di kawasan Bandung utara ditentukan di lima titik. Dua titik di antaranya berupa tugu yang membatasi Kp. Sukaresmi, Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat dengan Kp. Dago Bengkok, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung serta Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang berbatasan dengan Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, dan Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Sementara tiga titik lainnya yang berupa patok dipasang di bibir Sungai Cikapundung di kawasan Tahura. Ketiga titik itu membatasi Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat dengan Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung di sekitar Maribaya.

Penduduk di kawasan ini sudah banyak dan permasalahannya semakin rumit. Dengan adanya penentuan batas ini diharapkan terjalin kerja sama antara pemerintah daerah untuk mengurus kepentingan administrasi masyarakat di daerah perbatasan.

Kawasan Bandung Utara menjadi perhatian banyak pihak karena alasan berikut. Luas Kawasan Bandung Utara adalah kurang lebih 38.543,33 Ha. Kawasan ini merupakan wilayah resapan air yang dilindungi dan dibatasi pembangunannya. Hanya sekitar 20 persen dari total luas kawasan yang boleh dibangun dengan syarat tertentu. Sisanya, sebanyak 80 persen dari total kawasan, diperuntukkan sebagai lahan terbuka. Suplai air tanah bagi wilayah Cekungan Bandung, sekira 60% nya berasal dari Kawasan Bandung Utara, dan sisanya sekira 40% berasal dari Kawasan Bandung Selatan.  Panorama yang indah, udara yang sejuk, serta akses yang mudah menjadikan Kawasan Bandung Utara sebagai kawasan yang sangat menarik dan diminati oleh siapa saja untuk dikunjungi dan ditinggali sehingga bernilai komersial yang tinggi.

 

Penulis: Aridwan Sopari untuk BandungUtara.com

Foto: Budi Hermawan. Pemandangan kota Cimahi dan kabupaten Bandung Barat dari puncak Gunung Burangrang.

 

Search

What are you interested in? Explore some of the best tips from around the city from our partners and friends.